herbalpremium

Agar kamu tidak sering keluar rumah hanya untuk membeli stok makanan, berikut deretan makanan yang awet disimpan dan tidak mudah basi yang wajib kamu ketahui.

Makanan Yang Awet Disimpan – Menyetok makanan di dalam kulkas bisa menjadi pilihan ketika kamu malas untuk berpegian ke supermarket atau pasar setiap harinya. Mengingat, wabah virus Corona membuat banyak orang khawatir soal ketersediaan bahan pangan. Belakangan, banyak orang berlomba untuk memenuhi persediaan bahan makanan di rumah agar tak kekurangan. Beberapa makanan diketahui tetap awet dan tidak basi meski lama ditaruh di dalam kulkas. Apa saja daftar makanan tersebut? Intip infonya di bawah ini ya!

Mencari Makanan Yang Awet Disimpan Dan Tidak Mudah Basi? Ini Daftarnya

Lambat laun, semua kejadian akan membuat kamu semakin takut keluar rumah. Tak hanya berpegian ke kantor, bahkan untuk pergi belanja makanan ke pasar atau supermarket terdekat pun terasa menakutkan. Terlebih di tengah wabah virus Corona yang hingga saat ini semakin bertambah korbannya. Agar kamu tidak sering keluar rumah hanya untuk membeli stok makanan, berikut deretan makanan yang awet disimpan dan tidak mudah basi yang wajib kamu ketahui.

1. Beras

Sebagai orang Indonesia, tentu aneh rasanya jika tidak menyantap nasi setiap harinya. Nah, beras bisa menjadi salah satu makanan yang kamu beli ketika sedang mencari makanan yang awet disimpan. Memiliki karbohidrat yang tinggi, beras tidak hanya dapat membuat perutmu kenyang saja tetapi juga mengisi tubuh dengan energi krusial. Kabar baiknya lagi, beras putih ini dapat bertahan hingga lebih dari 30 tahun jika disimpan di tempat dingin yang bebas oksigen. Karena adanya kandungan minyak yang bisa membuat beras merah menjadi bau, maka beras merah nggak bisa bertahan selama beras putih, yakni hanya selama 6 bulan hingga 1 tahun.

2. Telur

Selain awet untuk disimpan, telur juga bisa diolah menjadi beragam menu, mulai dari telur rebus, telur dadar, atau telur ceplok. Agar lebih awet lagi, sebelum disimpan cuci telur terlebih dahulu. Kemudian tempatkan bagian telur yang runcing di bawah dan bagian tumpul di atas, hal ini dimaksudkan agar kantong udara yang berada di bagian telur yang tumpul tetap berada di atas sehingga isi telur tidak akan menekan kantong udara. Sedangkan untuk penyimpanan telur yang paling praktis biasanya adalah di lemari es. Apabila kamu menaruh telur di dalam lemari es bagian fridge, kemungkinan telur tersebut bisa bertahan hingga 2 minggu lho.

3. Daging

Daging juga bisa menjadi salah satu makanan yang kamu stok di rumah, mengingat makanan ini cukup awet untuk disimpan di kulkas. Jika kamu ingin membuatnya lebih awet lagi, bungkuslah daging dengan plastic wrap atau alumunium foil, lalu simpan dalam kontainer makanan. Waktu simpan maksimal akan berbeda pada setiap jenis daging. Daging ayam di dalam freezer akan awet hingga 4 bulan. Sedangkan daging sapi, domba, dan ikan bisa awet hingga 6 bulan.

4. Abon

Makanan selanjutnya yang wajib kamu stok di rumah adalah abon. Abon merupakan olahan daging yang disuwir kemudian diberi bumbu. Tidak selalu daging sapi, kamu pun juga bisa membeli abon dalam berbagai varian rasa, mulai dari daging ayam atau ikan. Kamu juga dapat membuatnya menjadi abon orisinal atau pedas, sesuai dengan selera keluarga. Penyajiannya juga cukup mudah, kamu cukup siapkan nasi hangat lalu beri abon dan makanan pun siap disantap.

5. Sup kemasan

Satu lagi jenis makanan siap makan yang awet disimpan di rumah, yakni sup kemasan. Masa kadarluarsa sup kemasan cukup lama, jika kamu belum pernah membukanya sama sekali maka sup tersebut dapat tahan dua hingga lima tahun. Memang di kemasan ada tanggal kadaluwarsa yang mungkin kurang dari dua tahun, tapi bukan berarti makanan ini sudah tidak bisa dikonsumsi setelah melewati tanggal kadaluwarsa. Tanggal kadaluwarsa hanyalah sekedar pengingat jika ada makanan yang melewati batas tanggal, maka kualitas nutrisi yang tadinya ada di makanan tersebut akan hilang. Namun, jangan berharap lebih ya ketika kamu membeli sup kemasan ini karena rasanya tentu tidak akan selezat dengan sup dari bahan makanan alami.

6. Kacang kering

Kalau sup kemasan mempunyai jangka hidup selama 5 tahun, ada jenis makanan yang bertahan selama-lamanya. Ya, kacang kering yang disimpan secara rapat bisa bertahan sampai bahkan kiamat pun telah selesai. Namun, setelah 1 hingga 2 tahun, kacang kering akan kehilangan kualitas dan kelembapannya. Kacang kering ini akan menyediakan kadar protein tinggi bagi tubuh, sehingga sangat wajib untuk kamu stok di rumah. Oh iya, perlu kamu ketahui pula bahwa jika kacang sudah dimasak, maka waktu hidupnya hanya 1 tahun saja jika kamu simpan di freezer.

7. Kentang

Kentang juga dapat disimpan dalam jangka waktu lama jika penyimpanannya tepat. Buat kamu yang belum mengetahui penyimpanan kentang yang tepat, kentang sebaiknya disimpan pada tempat yang dingin, kering, dan gelap. Jangan menyimpannya di dalam kulkas karena akan membuatnya cepat membusuk. Jika sudah benar menyimpannya, masa simpan kentang bisa mencapai tiga hingga lima minggu ke depan. Kentang juga bisa digunakan sebagai bahan karbohidrat pengganti nasi karena sifatnya mengenyangkan. Kentang juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan, sehingga kamu pun tidak akan merasa bosan menyantapnya.

8. Bawang bombay

Bawang bombai juga bisa kamu siapkan untuk persediaan makanan di rumah. Bawang bombai ini waktu penyimpanannya cukup lama yaitu satu hingga dua bulan jika penyimpanannya tepat. Sama seperti kentang, bawang bombai ini bisa disimpan di tempat yang dingin, kering, dan juga gelap. Namun jangan meletakkannya berdekatan dengan kentang karena pasti salah satunya akan membusuk secara cepat.

9. Minyak goreng

Minyak goreng sebagai bahan masakan utama adalah salah satu hal penting yang harus selalu tersedia. Jika memiliki uang lebih, kamu bisa membeli minyak untuk keperluan memasak berbeda. Misalnya, minyak zaitun untuk celupan atau finishing makanan, minyak netral seperti minyak sayur untuk memasak dan memanggang, dan minyak lainnya sesuai kebutuhan.

10. Kering kentang

Kering kentang juga masuk dalam deretan makanan yang awet disimpan dan tidak mudah basi. Jika kamu belum pernah mencicipinya, kering kentang ini adalah olahan kentang yang digoreng kering dan diberi bumbu pedas manis. Untuk mengolahnya, kamu bisa memotong kentas tipis-tipis terlebih dahulu, kemudian campurkan dengan bumbu yang ditumis dengan sedikit minyak. Tiriskan hingga kering, lalu simpan di wadah yang tertutup rapat. Saat ingin dimakan, kamu hanya perlu menyediakan nasi panas dan rasa lapar pun teratasi. Selain sebagai lauk, kering kentang juga bisa dijadikan camilan lho.

11. Kering tempe

Selain kering kentang, ada pula kering tempe yang bisa masuk dalam daftar stok makanan kamu di rumah. Sesuai dengan namanya, kering kentang ini berbahan dasar tempe. Dalam olahan kering tempe terkadang dicampur dengan kacang tanah dan teri, jadi pastinya anggota keluarga di rumah tak akan mudah bosan. Sama seperti kering kentang, menyimpan kering tempe juga harus diletakkan di wadah kering yang tertutup rapat agar lebih awet.

12. Sambal Bu Rudy

Buat kamu pecinta sambal, wajib hukumnya untuk menyimpan sambal Bu Rudy di rumah. Sambal Bu Rudy ini bisa bertahan selama kurang lebih 3 bulan, dan rasa pedasnya juga tak perlu diragukan. Hebatnya lagi, Sambal Bu Rudy ini sama sekali tidak memakai bahan pengawet. 3 bulan adalah waktu yang termasuk lama jika mengingat tidak ada kandungan bahan pengawet kimia yang digunakan ke sambal ini. Makanan kamu pun bisa menjadi sangat sehat dan bisa membakar lidah kamu jika kamu menyimpan sambal Bu Rudy di rumah.

13. Kornet

Rasanya setiap rumah pasti menyetok satu jenis makanan ini, ya apalagi kalau bukan kornet. Seperti yang diketahui, kornet merupakan olahan daging cincang yang diawetkan. Dengan kornet kamu pun bisa membuat berbagai macam menu makanan yang praktis dan lezat. Masa kadarluarsa kornet juga cukup lama, jika kamu belum pernah membukanya sama sekali maka sup tersebut dapat bertahan hingga dua tahun lho.

14. Sereal

Bahan makanan lain yang tahan lama dan tidak mudah basi adalah sereal. Ada satu tips nih dalam membeli sereal. Usahakan untuk memilih multigrain yah supaya kandungan seratnya lebih tinggi. Takut nanti sereal akan mudah melempem dan akhirnya malah tidak bisa dimakan? Solusinya adalah beli sereal dengan kemasan kecil yang memang khusus untuk sekali penyajian.

15. Granola bar

Pastinya kamu akan bosan bukan kalau hanya di rumah tapi tanpa ada cemilan untuk dikunyah. Nah, untuk itu kamu mungkin bisa membeli beberapa granola bar yang bisa kamu jadikan camilan sehat. Daya tahannya juga sudah tentu lama dan tidak mudah basi pula. Selain itu, granola bar juga biasanya mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Itu artinya kamu akan cepat merasa lebih kenyang tanpa banyak menyantap makanan.

16. Madu

Madu memang tidak memiliki nilai vitamin ataupun mineral sebanyak jenis makanan lainnya, namun madu wajib kamu stok di rumah guna memenuhi nutrisi. Perlu kamu ketahui bahwa madu tidak akan pernah kadarluarsa jika kamu menyimpannya dengan benar. Ya, jika kamu tutup rapat-rapat, madu masih akan tetap bisa dikonsumsi selama lebih dari 10 tahun ke depan. Meskipun begitu, madu tetap dapat mengkristalisasi dan kemudian dapat kamu balikkan ke keadaan awal dengan mencelupkan kaleng madu ke air hangat. Madu bisa dijadikan sebagai pemanis makanan dan minuman, jadi kamu nggak perlu khawatir makanan kamu akan terasa hambar.

17. Teh

Satu lagi bahan makanan yang bisa kamu siapkan untuk persediaan makanan jika kamumalas beraktivitas di luar rumah, yaitu teh. Teh memiliki masa penyimpanan yang cukup lama yaitu 6 hingga 12 bulan tergantung tanggal kedaluwarsa produk. Teh bisa jadi minuman yang menyehatkan karena zat antioksidannya yang sangat tinggi. Minuman ini akan membantu kamu dalam menjaga kekebalan tubuh.

18. Peanut butter

Jika kamu suka menyantap makanan dengan menggunakan selai, maka peanut butter wajib untuk kamu sediakan di rumah. Kabar baiknya, peanut butter ini bisa bertahan paling lama 5 tahun lho. Tak hanya itu saja, peanut butter juga mempunyai kandungan vitamin E sangat tinggi yang menyebabkan makanan ini bisa bertahan sangat lama. Seperti saat menyimpan makanan lainnya, kamu juga harus menutup rapat kaleng makanan ini supaya tidak ada mikroorganisme yang berkembang. Cara penyimpanan peanut butter cukup mudah, cukup menyimpannya di ruangan dengan tingkat kelembapan yang rendah saja.

19. Yogurt

Produk yang mengandung susu serta bakteri-bakteri baik ternyata bisa dikonsumsi setelah melewati batas tanggal kadaluwarsanya, lho. Meski kualitas baik yang ada di dalam yogurt hanya akan bertahan dalam seminggu, tapi yogurt masih bisa dikonsumsi dua hingga tiga bulan setelah masa kadaluwarsa. Perlu diingat juga bahwa yogurt hanya bisa kamu konsumsi jika masih dalam keadaan tertutup dan disimpan di kulkas atau freezer ya.

20. Susu bubuk

Susu bubuk mempunyai jangka waktu hidup yang jauh lebih lama dibandingkan dengan susu cair. Jika kamu melihat susu cair yang hanya bisa bertahan dalam hitungan harian, susu bubuk bisa bertahan dalam hitungan tahunan. Susu bubuk paling lama disimpan sampai dua hingga tahun. Cara penyimpanan susu bubuk juga mempengaruhi kualitas susu bubuk. Biasakan untuk menyimpan susu bubuk di ruangan yang nggak terlalu panas, dan jangan biarkan susu bubuk terekspos udara. Kamu bisa mengetahui apakah susu bubuk sudah rusak atau belum dari warna bubuknya.

21. Kurma

Buat kamu yang lagi cemilan yang enak tetapi cukup awet ketika disimpan, maka kurma adalah jawabannya. Makanan ini mungkin merupakan satu-satunya jenis makanan basah yang bisa bertahan lama. Jika disimpan dalam suhu ruangan, kurma hanya bisa bertahan satu hingga dua bulan saja. Namun, jika kamu menyimpannya di dalam kulkas atau freezer, kurma mampu bertahan hingga dua tahun lho. Koleksi makanan kamu di rumah akan lengkap dengan adanya kurma yang nggak hanya memberikan energi lebih, tapi berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit seperti kanker usus dan ginjal.

22. Apel

Selain kurma, buah segar ini juga bisa disimpan untuk persediaan makanan dalam jangka panjang. Apel memiliki masa penyimpanan cukup panjang sekitar hampir enam bulan di dalam kulkas. Apel bisa dikonsumsi sebagai camilan atau sarapan yang ringan. Kamu pun akan tetap bisa mendapatkan asupan serat harian selama masa darurat seperti sekarang ini.

23. Pasta dan mie instan

Pasta kering dan mie instan juga bisa disiapkan untuk persediaan makanan di rumah jika kamu malas keluar rumah. Ini dikarenakan pasta kering atau mie instan memiliki masa simpan yang sangat lama. Masa simpan makanan tersebut bisa mencapai satu hingga dua tahun tergantung tanggal kedaluwarsa di setiap produknya. Pasta atau mie instan ini juga mengenyangkan dan dapat diolah dengan mudah. Jika pasta bisa diolah dengan saus bolognese dan olahan lainnya, lalu mie instan bisa dimasak bersama sejumlah bumbu lalu dicampurkan telur dan bahan makanan lainnya.

Nah, gimana? Dari 23 makanan yang awet disimpan dan tidak mudah basi di atas, yang mana nih yang sudah kamu stok di rumah? 23 jenis makanan di atas selain awet disimpan, tentunya bisa menyelamatkan kamu dari kelaparan.

By admin