Sering Mengantuk

Sebagian orang yang merasa tidurnya sudah cukup terkadang masih dibayang-banyangi masalah sering mengantuk di siang hari.

Kondisi ini tentu saja bikin khawatir dan mengundang pertanyaan, kenapa masih sering mengantuk padahal sudah cukup tidur?

Istirahat di malam hari idealnya memang menjadi sarana bagi tubuh untuk kembali menyiapkan energi agar bugar ketika bangun di pagi hari.

Tak hanya terpatok pada kuantitas atau cukup tidaknya waktu tidur, kualitas tidur juga penting untuk menjaga tingkat energi sepanjang hari.

Berikut penjelasan lebih lanjut penyebab kenapa kamu mengantuk terus dan cara mengatasinya.

Baca Juga : 7 Gerakan Sederhana Ini Efektif Usir Kantuk Tanpa Harus Berkeringat!

Kenapa sering mengantuk padahal sudah cukup tidur?

Penyebab kamu mengantuk terus padahal sudah cukup tidur bisa berasal dari masalah kesehatan fisik dan mental. Dilansir dari Bustle, berikut beberapa alasannya:

Mager atau kurang gerak

Banyak orang beranggapan, tubuh yang aktif bergerak jadi mudah lelah dan bikin mengantuk. Namun, anggapan tersebut kurang tepat.

Justru, kebiasaan malas bergerak (mager) dan kurang gerak dapat menyebabkan tubuh tidak berenergi dan sering mengantuk.

Kekurangan cairan

Ketika kamu sering mengantuk, coba cek lagi kapan terakhir kali minum air putih dan warna urine yang keluar saat buang air kecil.

Jika warnanya sudah menguning, tandanya kamu kekurangan cairan atau dehidrasi.

Kondisi ini bisa menyebabkan sering mengantuk karena saat tubuh dehidrasi volume darah bakal berkurang, jantung perlu bekerja ekstra keras, dan tanpa sadar energi terkuras.

Minum kopi di waktu yang tidak tepat

Minum asupan berkafein seperti kopi, teh, cokelat, soda, atau minuman berenergi kurang dari enam jam sebelum tidur juga bisa mengurangi kualitas tidur.

Asupan berkafein yang dikonsumsi terlalu dekat dengan jadwal tidur dapat membuat kamu tetap terjaga dan berenergi ketika istirahat di malam hari.

Main gawai sebelum tidur

Kebiasaan bermain gawai sebelum tidur juga bisa menurunkan kualitas tidur dan membuat kamu sering mengantuk padahal sudah cukup tidur.

Kondisi ini dipengaruhi paparan cahaya biru dari layar gawai yang tanpa disadari bisa merangsang hormon untuk tetap terjaga, sehingga tidur jadi kurang lelap di malam hari.

Melewatkan sarapan

Kebiasaan tidak sarapan ternyata bisa membuat kamu sering mengantuk di siang hari, sekaligus memicu susah tidur di malam hari.

Hal ini disebabkan ritme sirkadian yang bertugas mengontrol jam biologis tubuh terganggu pola makan yang tidak teratur.

Kekurangan nutrisi tertentu

Kekurangan nutrisi zat besi, magnesium, dan vitamin B bisa menurunkan kualitas tidur, sehingga kamu bisa sering mengantuk di siang hari.

Setiap nutrisi sebenarnya penting, tapi pertimbangkan untuk mencukupi zat gizi di atas agar tubuh tidak mengantuk terus-menerus.

Gangguan hormon

Penyebab sering mengantuk padahal cukup tidur terkadang juga bisa berasal dari gangguan hormon.

Penyakit yang bisa memicu gangguan hormon di antaranya diabetes, gangguan tiroid, dan anemia.

Stres dan gangguan kecemasan

Alasan lain kenapa orang jadi sering mengantuk padahal sudah tidur cukup juga bisa dipengaruhi masalah kesehatan mental.

Stres berlebihan dan gangguan kecemasan bisa membuat kamu jadi kurang bertenaga dan lemas padahal sudah istirahat sepanjang hari.

Masalah kesehatan mental bisa menurunkan kualitas tidur, sehingga tidur jadi tidak nyenyak dan lebih sering terbangun di malam hari.

Cara agar tidak mengantuk terus-menerus di siang hari

Untuk meningkatkan kualitas istirahat di malam hari, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tidak mengantuk terus-menerus di siang hari, antara lain:

  • Coba bangun kebiasaan aktif bergerak. Hindari terlalu banyak duduk dan rebahan. Pastikan juga untuk olahraga setidaknya seminggu dua kali
  • Pastikan kamu minum setidaknya delapan gelas air putih setiap hari. Hindari minuman yang mengandung gula dan tinggi kadar kafeinnya
  • Jika ingin minum kopi atau asupan berkafein lainnya, konsumsi maksimal di sore hari atau berikan jeda minimal enam jam dari jadwal tidur malam
  • Hindari bermain telepon pintar atau gawai lainnya sejam sebelum tidur. Bangun rutinitas minim paparan cahaya seperti latihan pernapasan dalam, mandi air hangat, atau membaca buku sebelum tidur
  • Jangan pernah melewatkan sarapan. Selain itu, usahakan untuk disiplin makan di jam yang sama setiap hari
  • Pastikan kamu menjalankan pola makan bergizi lengkap dan seimbang agar semua kebutuhan nutrisi terpenuhi
  • Kelola stres dengan menjaga pikiran tetap rileks. Kamu bisa berlatih meditasi, ikut kelas yoga, meluangkan waktu untuk mengerjakan hobi, dll.
  • Kontrol dan obati penyakit kronis yang bisa menurunkan kualitas tidur

Jika kamu sudah menjajal beberapa cara agar tidak mengantuk terus-menerus di atas tapi masih sering mengantuk di siang hari, ada baiknya berkonsultasi ke dokter.

Dokter dapat mengidentifiaksi kenapa kamu sering mengantuk padahal sudah cukup tidur dan memberikan solusi paling tepat.

By admin