Makanan Korsel

Jakarta – Korea Selatan sudah membuka pintu bagi masuknya turis asing setelah hampir dua tahun diamuk wabah Covid-19. Kebijakan ini menjadi angin segar bagi wisatawan, tak terkecuali umat muslim yang rindu pelesiran. Hal yang pasti diperhatikan oleh turis Muslim adalah makanan halal Korea Selatan

Pada 30 Mei – 4 Juni 2022, Kami berkesempatan melancong ke Korea Selatan di bawah program ‘Indonesia Next Generation Journalist Network on Korea’ dan menemukan beberapa makanan halal khas Korea Selatan yang aman buat turis Muslim.

Baca Juga : Makanan yang Paling Baik Dikonsumsi Penderita Asam Urat

1.Jjamppong

Ini adalah mie seafood dengan kuah pedas. Selain mie, di dalamnya ada udang, kerang hijau dan cumi-cumi.

2.Kalgusu

Bahan dasar kuah kalguksu ada yang terbuat dari rebusan ayam dan ada juga yang terbuat dari kaldu rebusan ikan teri serta udang. Jadi sebelum membeli, bisa pastikan dulu pada penjual jenis kaldu yang mereka gunakan. Sedangkan mie dalam kalguksu, buatan sendiri (homemade). Dalam penyajiannya, kalguksu akan diberi taburan rumput laut.

Ilustrasi Kimbab/Antara

3.Kimbab

Ini adalah nasi yang dibungkus rumput laut. Isiannya, rupa-rupa. Ada yang diisi ikan tuna, daging sapi, sosis, wortel, kimchi, lobak dan timun. Bagi turis Muslim, paling aman memilih Kimbab dengan isian sayur-mayur, yang dari sisi kocek juga lebih murah.

4.Nasi goreng kimchi

Pembeli bisa meminta agar nasi goreng kimchi, yang dipesan tidak diberi bahan tambahan lain selain telur. Sebab ada penjual yang menambahkan sosis atau daging yang sudah iris.

5.Bibimbab

Ada sejumlah penjual yang menambahkan daging dalam bibimbab. Bagi turis Muslim, amannya memesan bibimbab vegetarian, yakni aneka sayur mayur dengan nasi panas dan telur setengah matang.

6.Jajanan kaki lima

Korea Selatan juga terkenal dengan kuliner kaki limanya yang enak-enak. Di antara jajanan kaki lima yang aman buat turis Muslim adalah eomuk atau pempeknya Korea yang disajikan dengan kuah rebusan ikan. Ada juga donat kepang (Kkwabaegi), pancake isi gula dan kacang (Hotteok) serta Tteokbokki yang terbuat dari tepung beras dengan saos gochujang.

By admin